Bepergian Semakin Menyenangkan

Dr. Kenneth Johnson, assistant professor kebidanan dan kandungan di College of Osteopathic Medicine di Nova Southeastern University, Amerika Serikat menyarankan, usia kehamilan terbaik untuk bepergian jauh adalah saat trimester 2. Pasalnya, setelah melewati trimester 1 kehamilan, risiko keguguran lebih kecil dan morning sickness pun biasanya sudah berakhir. Hanya saja, Kenneth mengingatkan, saat naik pesawat terbang atau berkendara dengan mobil, mamil tak disarankan duduk dalam jangka waktu lama.

Posisi duduk akan menekan beberapa pembuluh darah dan bagian tubuh yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti: tekanan darah tinggi atau ambeien. Jadi, ja ngan duduk kelamaan ya, Mam. Untuk kenyamanan, setiap 2 jam sekali berdiri dan berjalanlah selama 10—15 menit. Berikut beberapa saran Kenneth untuk mamil yang ingin travelling.

Bepergian Dengan Pesawat Terbang

  • Ketahui dengan jelas peraturan penerbangan, khususnya peraturan maskapai penerbangan, sebelum membeli tiket. Setiap maskapai punya peraturan berbeda soal mamil yang akan terbang. Tapi sebagian besar membutuhkan surat pengantar dari dokter kandungan jika mamil bepergian. • Pesan kursi pesawat dengan posisi di dekat gang, bukan dekat jendela. Ini akan memudahkan Mama beranjak ke toilet.
  • Tekanan udara di pesawat tidak akan membahayakan kondisi janin di trimester 2. 1amun demikian, mamil tak dianjurkan bepergian menggunakan pesawat untuk jangka waktu lama nonstop tanpa transit (lebih dari 6 jam). Pesawat pasti akan memilih jalur penerbang an pada ketinggian maksimal dimana pada ketinggian tersebut, kadar oksigen mulai menipis sehingga dapat meningkatkan detak jantung mamil maupun janin.
  • Berapa pun usia kehamilan, ada kemungkinan mengalami peningkat an risiko terkena varises. *unakan stocking atau legging yang membalut betis saat bepergian jarak jauh. • Kenakan sabuk pengaman di bawah perut, di area sekitar panggul. • Bangkit dari kursi pesawat dan sering-seringlah berjalan di kabin setiap ada kesempatan. ,ni bisa mengurangi kaki kram dan pembengkakan kaki. Saat duduk, ingat selalu untuk sering melakukan peregangan dengan cara memutar pergelangan kaki guna melemaskan otot. • Bawa sebotol air minum di tas tangan Mama. Kehamilan bisa membuat mamil lebih cepat dehidrasi. Tak perlu menunggu haus, sering-seringlah minum.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing berikan ia pelatihan di tempat terbaik kursus bahasa Perancis di Jakarta yang terbaik. Sehingga mereka memiliki keterampilan berbahasa asing sebagai bekal di masa mendatang.