Mencegah User Melakukan Shutdown atau Restart PC

Pernah terpikir di benak Anda agar orang lain tidak dapat mematikan atau me-restart PC? Anda tentunya akan menerapkan hal tersebut pada PC yang terdapat di ruang publik. Contohnya, PC di perpustakaan yang banyak digunakan oleh pengunjungnya. Jika fungsi Shutdown atau Restart aktif, mungkin akan ada orang yang bisa dengan seenaknya melakukan Shutdown atau Restart pada PC tersebut. Apakah ada cara untuk mencegah hal tersebut? Solusinya, Anda dapat memanfaatkan feature Microsoft Management Console (MMC).

  1. Masuk ke dalam layar Microsoft Management Console dengan mengetikkan ‘mmc’ melalui kolom “Search programs and files”. 2. Klik menu “File | Add/Remove Snap-in”. 3. Pada kolom navigasi sebelah kiri, pilih “Group Policy Object” dan klik ganda parameter tersebut. 4. Windows akan menampilkan layar Group Policy Wizard dan Anda dapat menekan tombol “Browse”. 5. Kini, pilih tab “Users” dan pilih opsi “Non Administrators” diikuti dengan meng-klik tombol “OK”. 6. Kembali pada layar utama “Microsoft Management Console”, Anda akan menemukan parameter “Local ComputerNon-Administrator Policy”.
  2. Expand parameter tersebut lalu arahkan mouse ke “Local ComputerNon-Administrator Policy | User Configuration | Administrative Templates | Start Menu and Taskbar”. 8. Selanjutnya, pada kolom sebelah kanan, Anda dapat mencari parameter “Remove and prevent access to the Shutdown, Restart, Sleep and Hibernate commands”. Kemudian, klik dua kali pada parameter tersebut dan pilih “Enable”. 9. Klik tombol “Apply | OK” untuk mengaktifkannya. Kini, saat Anda login sebagai user biasa, Anda tidak dapat menemukan fungsi Shutdown, Restart, Sleep, dan Hibernate PC tersebut. Namun, konfigurasi di atas tidak dapat mencegah aplikasi pihak ketiga yang dapat melakukan fungsi tersebut. Selamat mencoba.