Museum Komik di Brusel

Satu museum lagi dikhususkan untuk penggemar komik di Brussel, yakni Belgian Comic Museum atau Musee de la BD. Museum seluas 4000 meter persegi ini adalah tempat yang cocok untuk mengenal sejarah komik di Belgia. Mulai awal terbentuknya komunitas komik, hingga perkembangan paling mutakhir. Ingin membaca koleksi komik dari seluruh dunia? Datang saja ke perpustakan ini.

Dengan membayar biaya tiket yang tak mahal, kita bisa menikmati koleksi komik dari berbagai bahasa dunia. Lebih dari 3000 album komik bisa dinikmati dalam 15 bahasa Eropa. Tak heran banyak orang menganggapnya sebagai perpustakaan komik terlengkap di dunia. Selain menjelajah komik di museum, pengun jung juga bisa menikmat gambar-gambar adegan dalam komik di pusat kota Brussel.

Bekerja sama dengan Musee dela BD, dewan kota menghiasi tembok-tembok pusat kota dengan gambargambar komik sejak 1989. Saat ini lebih dari 30 gambar komik tersebar di seantero kota. Karakter-karakter komik terkenal direpresentasikan, membaur dengan atraksi wisata lainnya. Pecinta komik bisa mengikuti tur khusus gambar komik dalam kota dengan atau tanpa pemandu. Inilah salah satu cara untuk mengenal kota ini secara lebih mendalam. Di Brussel, pengunjung akan melihat betapa cintanya warga setempat terhadap cerita bergambar tersebut. Bagaimana tidak? Di pusat kota, hanya beberapa meter dari tempat termegah di Brussel, Grand Place, berdiri toko pernak-pernik dari serial Tintin.

Boutique de Tintin namanya. Penggemar Tintin pasti kerasan berada di sini. Selain komik Tintin dalam bahasa Prancis, Inggris, juga ada buku-buku tentang Herge, pengarang Tintin. Begitu juga souvenir bergambar Tintin seperti alat-alat tulis, T-shirt, poster, mobil mini dalam cerita Tintin, ?gur-?gur pemeran utama dalam serial komik detektif ini, dan masih banyak lagi. Soal harga? Tentu saja mahal. Karena dijual dalam mata uang euro. Saya sendiri memilih untuk menahan diri untuk tidak membeli mug, kaos atau mini figure si wartawan berjambul-Tintin kesukaan saya.

Mungkin saya lebih memilih alternatif hunting di internet saja, supaya lebih irit.heheheh. Meski senang membaca komik, ternyata dugaan saya keliru soal asal muasal komik-komik terkenal itu. Asterix dan Obelix saya kira berasal dari Italia atau Prancis dan Lucky Luke berasal dari Amerika karena beckground cowboy ya. Ternyata dugaan itu salah. Komik-komik itu aslinya berasal dari kota Brussel, ibukota Belgia. Komik mulai berkembang di Brussel usai perang dunia kedua. Ketika warga yang menderita akibat perang, mencari hiburan melalui komik.

Di Belgia-lah jenius-jenius komik mulai bertemu: Herge sang pencipta Tintin, Peyo dengan Smurf, Morris dengan Lucky Luke, dan Goscinny sang pemilik ide cerita Asterix dan Obelix. Kecintaan yang begitu dalam, membuat Belgia menjadi negara penghasil komik terbesar di dunia. Bahkan pada 1960- an, komik menjadi barang ekspor utama Belgia ke manca negara. Seiring waktu, sekarang predikat penghasil komik terbesar dunia dipegang oleh Jepang dan Amerika Serikat. Tapi, tetap saja posisi Belgia tak bisa diremehkan. Pada 2010, 4000 judul hasil karya 800 seniman komik berhasil diterbitkan. Jumlah ini tentu sangat besar dari sebuah negara sekecil Belgia. Antusiasme akan komik di negara ini terutama disebabkan oleh satu orang, yakni Georges Prosper Remi, berinisial R dan G, yang dilafalkan dengan Herge. Dialah yang mempopulerkan Tintin, seorang reporter Belgia yang melakukan banyak petualangan seru bersama anjing kesayangannya, Snowy.

Terbit pertama kali pada 10 Januari 1929, Tintin telah diterjemahkan dalam 70 bahasa di dunia. Keberhasilan Herge membuat ia dijuluki bapak perintis komik modern. Herge juga merupakan satu-satunya komiker yang memiliki museum khusus untuk menyimpan karyanya. Musee atau Museum Herge berada di Louvain-la-Neuve, 25 km dari Brussel. Museum ini dibuka sejak 2009 dan memamerkan gambar-gambar orisinil dari awal hingga wafatnya Herge pada 1983. Setiap tahun dikunjungi sekitar 200 ribu orang.

Jangan khawatir bila keseruan anda membaca komik ditempat ini terganggu karena listrik mati. Hal itu dijamin tidak akan terjadi. Genset yang ukuranya sangat besar sudah disediakan pengelola untuk mengantisipasi situasi listrik yang mati. Berkat adanya genset pengunjung bisa membaca komik sampai puas tanpa ada gangguan apa-apa.

Di Indonesia sendiri, genset diesel sudah digunakan oleh banyak sektor karena memang sangat bermanfaat. Salah satu toko yang selalu menjadi incaran pembeli ada toko jual genset open di Banjarmasin karena toko tersebut selain memiliki banyak stok, harga yang dibanderol tidak semahal tempat lainya.