Tetap Sehat Meski Pelihara Hewan

Hewan peliharaan sering kali menjadi “kambing hitam” yang menyebabkan rumah jadi tidak sehat. Kotoran yang dibuang sembarangan, bulu-bulu yang menempel di sofa atau karpet, dan sisa-sia makanan di sembarang tempat. Itulah beberapa masalah yang akan ditimbulkan saat memelihara hewan.

Banyak penghuni yang enggan memelihara hewan di rumah karena berbagai alasan, salah satunya ialah karena hewan bisa saja mendatangkan penyakit. Namun, Anda tak perlu khawatir. Berbagai masalah tersebut dapat diatasi bila Anda mampu menjaga kebersihan hewan peliharaan serta kebersihan rumah.

Jika dipelihara dengan baik, hewan peliharaan justru akan memberikan manfaat dari sisi psikologis maupun kesehatan. Memelihara hewan sama halnya dengan memiliki anggota keluarga baru. Siap memeliharanya, berarti Anda juga harus siap direpotkan.

Jaga kesehatan hewan sebab berpengaruh pula pada kebersihan rumah Anda. Meski memelihara banyak hewan di rumah, Anda tetap dapat hidup sehat, kok. Simak tip berikut ini agar selain kesehatan hewan terjaga, rumah pun tetap bersih dan sehat.

Bersihkan Bulu-Bulu yang Rontok

Hewan peliharaan pasti senang berlari dan bermain di hampir semua sudut rumah Anda. Tidak mustahil bila kotoran dan bulu yang rontok menyebar di manamana. Bersihkanlah rumah secara teratur. Jangan lupa bersihkan sofa, karpet, dan kasur dengan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini digunakan untuk menyedot bulu hewan yang rontok.

Bersihkan Kandang

Bila sudah memutuskan untuk memelihara hewan, Anda perlu menyediakan kandang untuk “rumah” dari hewan tersebut. Kandang ini juga perlu dijaga kebersihannya. Selain itu, bersihkan juga tempat makan dan minumnya.

Mandikan hewan

Layaknya manusia, hewan juga butuh dimandikan. Banyak kotoran yang menempel di tubuh hewan. Bila dibiarkan, kotoran tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya mandikan hewan secara teratur.

Zona Bebas Hewan

Protein yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit hewan dan hadir dalam air liur dapat menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Jika hewan peliharaan Anda menyebabkan alergi, buat kamar tidur Anda menjadi zona bebas hewan peliharaan.

Beberapa hewan memelurkan kesebersihan habitatnya seperti ikan. Meskipun hewan lainnya juga memerlukan kebersihan tempat juga. Akan tetapi ikan memerlukan air yang bersih agar tidak mati. Sebuah genset bisa digunakan ketika listrik dari PLN sedang padam untuk tetap menjaga kesegaran dan kebersihan air di akuarium ataupun kolam.

Untuk mendapatkan genset dengan harga yang murah manfaatkan diskon disetiap pembelian unit baru di PT. Rajawali Indo. Karena disana merupakan toko suplier resmi jual genset di Jogja.