Transmisi Lebih Efisien

Sistem transmisi semi otomatis 2-Tronic juga dapat menghemat biaya perawatan kendaraan. Mengapa demikian? Sistem ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan teknologi transmisi manual, masih menggunakan kopling kering. Jadi, perawatan saat mengganti kopling jauh lebih hemat dibandingkan full otomatis yang menggunakan kopling basah.

Hal lain yang membuat teknologi 2-Tronic ini menjadi lebih hemat adalah penerapannya di mesin-mesin kecil yang biasanya menjadi mesin pada kendaraan jenis city car. Peugeot sendiri mengenalkan teknologi ini pertama kali pada generasi 207 Hatchback. Selanjutnya, teknologi ini diteruskan ke versi 107 dan kini juga digunakan pada seri 208 yang menggunakan mesin versi EB2.

Fungsi Auto-nya sendiri yang berbeda dengan teknologi full otomatis. Di 2-Tronic, saat mobil berhenti, mesin tidak mendapat beban dari transmisi, berbeda dengan sistem full otomatis dalam kondisi “Drive” yang akan terus membebani mesin saat kendaraan berhenti.

Walaupun menawarkan kemudahan, menurut Setyo Budi Waluyo, konsumen tetap harus mempelajari sistem ini dengan cermat, terutama saat kendaraan dalam posisi menanjak. Walaupun bisa dikoreksi secara otomatis oleh sistem, kebiasaan pengemudi dengan sistem manual yang sering menahan pedal gas harus dihilangkan karena bisa membuat sistem bermasalah.