Uji Skalabilitas Graphics Card

Setelah ditunggu-tunggu oleh para gamer, akhirnya game bergenre open world actionadventure ini pun dirilis. Dengan kebutuhan spesifikasi yang cukup tinggi, masih mampukah graphics card Anda untuk memainkannya? Tepat 27 mei 2014, game Watch Dogs dirilis untuk berbagai platform. Mulai dari Xbox 360, PlayStation 3, Xbox One, PlayStation 4, hingga Microsoft Windows. Seperti halnya game Grand Theft Auto dan Sleeping Dogs, game Watch Dogs dimainkan dengan perspektif third-person. Game yang dirilis di bawah bendera Ubisoft ini mengajak Anda untuk menjelajahi kota Chicago. Pada game ini, Anda memainkan tokoh Aiden Pearce yang berperan sebagai hacker. Sebagai hacker, Aiden Pearce pun mampu mengacak-acak City’s Central Operating System (CtOS). CtOS sendiri merupakan sebuah sistem tersentralisasi yang mengatur konektivitas berbagai macam perangkat elektronik pada kota Chicago. Graphics card seperti apa yang mampu menjalankan game ini dengan mulus? Simak pengujiannya berikut ini!

MSI GTX 760 TWIN FROZR

Uji skalabilitas dimulai dengan graphics card kelas mainstream dari kubu hijau. Meski tidak mampu menampilkan efek visual grafis yang optimal, graphics card ini mampu menghasilkan performa yang cukup baik pada saat menjalankan game Watch Dogs. Dengan preset ULTRA, graphics card ini dapat menghasilkan angka rata-rata frame sebesar 28,16 fps pada resolusi 1920 x 1080. Sedangkan pada resolusi 1280 x 720, angka tersebut meningkat hingga 14,62 poin. Agar game dapat berjalan lebih mulus, cukup kurangi setting Anti-Aliasing.

ASUS ROG MATRIX GTX 780TI PLATINUM

Berbekal GPU yang powerful, ASUS ROG MATRIX GTX 780Ti Platinum tidak mengalami kendala yang cukup berarti pada saat menjalankan game yang satu ini. Graphics card kelas enthusiast ini cukup lancar dengan memeroleh angka rata-rata frame di atas 50 fps. Tidak hanya pada resolusi 720p, angka rata-rata frame di atas 50 fps pun mampu ditampilkan pada resolusi 1080p. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengurangi efek visual grafis. Pasalnya, dengan menggunakan setting ULTRA pun performa yang ditampilkan masih cukup kencang.